Sekolah Orang Tua

nunu
Selasa, 27 September 2016 18:55
Ditulis oleh Nunu Karlina

Ayah, Kaulah Sumber Ilmu

“Ajarkanlah adab kepada mereka, dan ajarkan ilmu kepada mereka. Kewajiban seorang suami dan ayah, selain mencari nafkah, haruslah menjadi sumber ilmu bagi istri dan anak-anaknya.” Jelas Ustadz Iwan Setiawan, Lc pada kuliah perdana Akademi Keluarga Mustawa 2 Angkatan III, Depok, Sabtu (17/09/2016).

Pembina Parenting Nabawiyyah ini mengingatkan bahwa salah satu hak istri dan anak adalah mendapatkan ilmu dari suami (ayah) mereka.  Sesuai dengan yang disebutkan dalam Surat At-Tahrim ayat 6, yaitu untuk menjaga diri dan keluarga dari siksa api neraka, maka kewajiban ayahlah untuk menjadi sumber ilmu.

Selengkapnya...

nunu
Kamis, 22 September 2016 09:13
Ditulis oleh Nunu Karlina

Ilmu Sebelum  Amal

“Seringkali kita mempelajari ilmu yang sejatinya bukan ilmu fundamental. Apakah semua ilmu wajib dipelajari?  Sudahkah kita mempelajari yang fardhu ‘ain sebelum membahas yang fardhu kifayah?“ Tanya  Ustadz Iwan Setiawan, Lc pada kuliah perdana Akademi Keluarga Mustawa 2 Angkatan III, Depok, Sabtu (17/09/2016).

Pembina Parenting Nabawiyyah ini menyatakan tidak semua ilmu harus dipelajari oleh Muslim. Ada prioritas urutan yang harus diperhatikan. Pertama, ilmu fardhu ‘ain, yaitu ilmu yang wajib dipelajari seperti pembahasan aqidah, Al-Qur’an, fiqih, termasuk ilmu dalam mempersiapkan pernikahan dan pendidikan anak,  dsb. Meski tidak secara mendalam, Muslim harus tahu dasar-dasar ilmu tersebut agar benar dalam ber-Islam.

Selengkapnya...

nunu
Selasa, 11 Februari 2014 09:55
Ditulis oleh Nunu Karlina

Doa Anakmu, Ibu…

(Dibacakan pada pertemuan ke-10 Sekolah Orangtua Parenting Nabawiyah, Kuttab Al Fatih Depok, Sabtu 8 Februari 2014, dengan tema "Ibroh Besar dari Masa Hamil, Melahirkan, Menyusui")

 

Doaku untukmu, Bu..
Meski mungkin ibu tak pernah tahu
Kuyakin ibu dapat merasakan
Karena sesungguhnya kita satu

Doaku untukmu, Ibu..
Walau ibu tak pinta
Tapi inilah wujud baktiku
Meski tak akan pernah mampu setara dengan cintamu

Selengkapnya...

poppy
Senin, 10 Februari 2014 16:41
Ditulis oleh Poppy Yuditya

Doa Ibumu…

(Dibacakan pada pertemuan ke-10 Sekolah Orangtua, “Ibroh Besar dari Masa Hamil, Melahirkan, Menyusui”, di Kuttab Al Fatih Depok, Sabtu 8 Februari 2014)

 

Doa ibu untukmu, Nak

Walau kau tak pernah tau,

Tapi kuyakin dapat kau rasakan,

Karena rasa antara kita adalah satu …

 

Doa ibu untukmu, Nak

Walau kau tak pernah pinta

Tapi kutahu kau butuhkan sebagaimana kubutuhkan

Selengkapnya...

nunu
PDFCetakSurel
Ahad, 09 Februari 2014 11:22
Ditulis oleh Nunu Karlina

Menyapih: Syariat dan Negosiasi

 

Sekolah Orangtua Parenting Nabawiyah telah memasuki pertemuan ke-10. Pada kesempatan ini tema pembahasannya tentang “Ibroh Besar dari Masa Hamil, Melahirkan, Menyusui.”

“Usia dua tahun adalah kesempurnaan penyusuan. Adakah yang lebih sempurna setelah sempurna?” tanya Ustadzah Poppy Yuditya, S.T, MBA di hadapan para  ibu, peserta Sekolah Orangtua Parenting Nabawiyah, Kuttab Al Fatih, Depok, Sabtu (8/2/2014).

Selengkapnya...

  • Buku IRC

Artikel populer

Kalimat Hikmah

Sejauh Mana Perhatianmu Terhadap Adab?

Imam Syafi’i pernah ditanya seseorang, “Sejauh manakah perhatianmu terhadap adab?” Beliau menjawab “Setiap kali telingaku menyimak suatu pengajaran budi pekerti meski hanya satu huruf maka seluruh organ tubuhku akan ikut merasakan (mendengarnya) seolah-olah setiap organ itu memiliki alat pendengaran (telinga). Demikianlan perumpamaan hasrat dan kecintaanku terhadap pengajaran budi pekerti.” Beliau ditanya lagi, “Lalu bagaimanakah usaha-usaha dalam mencari adab itu?” Beliau menjawab, “Aku akan senantiasa mencarinya laksana seorang ibu yang mencari anak satu-satunya yang hilang.” K.H. Hasyim Asy’ari dalam Adabul ‘Alim wal Muta’allim

07 Nov 2015 admin - avatar admin