Parenting Nabawiyah

budi
Jum'at, 05 April 2013 08:28
Ditulis oleh Budi Ashari

Bimbang Harus Ada di Rumah

 

Assalamualaikum wr wb.

Yth Ustadz.. yang dirahmati Allah

Saya seorang istri dan ibu dari 2 orang anak. Kami berdua sama sama bekerja dan anak anak dirumah dengan pembantu. Alhamdulillah sejauh ini keluarga baik baik saja, anak anak tumbuh sehat dan ceria.


Setiap hari saya berangkat kerja sebelum pukul 6 pagi dan sampai dirumah kembali rata-rata pukul 18.30 malam. Sedangkan suami berangkat lebih pagi dari saya dan sampai di rumah lebih cepat.

Sudah agak lama sebenarnya suami mengungkapkan keinginannya supaya saya off bekerja. Keinginan itu beberapa kali disampaikan ke saya.

 

Saya paham dan merasa wajar akan keinginan beliau. Mengingat perjalanan menuju kantor yang tidak mudah (setiap hari saya menggunakan KRL Bogor-Jakarta PP) dan anak anak yang semakin butuh perhatian. Tetapi beliau juga tidak menghalangi saya untuk tetap bekerja. Secara ekonomi alhamdulillah saat ini sudah cukup mapan bahkan gaji beliau di atas saya.

Selengkapnya...

nunu
Rabu, 18 September 2013 20:56
Ditulis oleh Nunu Karlina

Resensi Buku Remaja, Antara Hijaz dan Amerika


Judul            : Remaja, Antara Hijaz dan Amerika (Panduan Penyiapan Masa Baligh)

Penulis          : Budi Ashari, Lc

Cetakan        : ke-2

Halaman       : 116

 

Inilah buku ke-3 dari seri Parenting Nabawiyah. Buku yang berfokus pada persiapan masa baligh. Mengapa usia baligh? Karena pada masa ini merupakan sebuah bagian mata rantai penting kehidupan manusia. Masa kuat di antara dua masa lemah. Fase khusus yang akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti.

Buku ini menguak tentang cara pandang yang salah terhadap remaja. Pandangan masyarakat yang dipengaruhi konsep pendidikan dan psikologi barat dan diperburuk dengan data-data penelitian sebagai dasar berpikir dan bersikap. Penulis mengajak kita untuk tidak panik menghadapi data-data yang disuguhkan tersebut. Data yang membuat para orangtua menjadi sangat cemas dan takut dengan kondisi anak-anaknya. Sehingga memunculkan stigma-stigma negatif bahwa remaja itu pasti nakal, salah, susah diatur, melakukan kerusakan, dsb.

Selengkapnya...

budi
PDFCetakSurel
Senin, 03 Februari 2014 15:47
Ditulis oleh Budi Ashari

Penelitian Ilmiah tentang Pernikahan Belia dan Manfaatnya

(Diterjemah dan terinspirasi dari: kaheel7.com*)

 

Pernikahan belia adalah sesuatu yang diperintahkan Nabi yang mulia sebelum 14 abad yang lalu. Hari ini, para peneliti menemukan bahaya memperlambat pernikahan dan menjauhinya. Bahkan mereka mengulang-ulang kalimat Nabi yang agung tanpa mereka sadari.

Setiap para ilmuwan mengungkap sebuah ilmu yang baru, selalu dijumpai ternyata Nabi alaihish sholatu wassalam tidak pernah terlewatkan menyebutnya! Al Quran adalah kitab ajaib yang mencakup rahasia langit dan bumi. Dan sunnah –tanpa diragukan lagi- bahwa ia juga wahyu dari Allah tabaraka wata’ala. Untuk itulah, ia seperti Al Quran yang mencakup rahasia, keajaiban dan mu’jizat yang tak terhitung jumlahnya.

Selengkapnya...

budi
PDFCetakSurel
Jum'at, 20 Desember 2013 12:01
Ditulis oleh Budi Ashari

Dicari! Wanita Quraisy

Ini salah satu petunjuk Nabi yang sangat detail tentang mencari istri dan bisa juga untuk bahan koreksi bagi setiap muslimah yang telah menjadi istri. Sekaligus bukti bahwa tidak ada petunjuk yang sedetail, seindah, dan sedalam bimbingan wahyu kecuali jika kita mau mendengar Rasulullah. Beliau memberi pelajaran sekaligus rekomendasi yang pasti tidak diragukan kualitasnya.

خَيْرُ نِسَاءٍ رَكِبْنَ الْإِبِلَ، صَالِحُ نِسَاءِ قُرَيْشٍ أَحْنَاهُ عَلَى وَلَدٍ فِي صِغَرِهِ، وَأَرْعَاهُ عَلَى زَوْجٍ فِي ذَاتِ يَدِهِ

“Sebaik-baik wanita yang mengendari unta adalah wanita sholeh dari Suku Quraisy; paling lembut kepada anak di usia kecil dan paling menjaga pada harta suami.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Yang dimaksud dengan wanita yang mengendarai unta adalah wanita Arab. Al Qostholani dalam Irsyadus Sary menjelaskan, “Dikhususkan Arab di antara manusia lain dan dikhususkan Quraisy di antara Arab sebuah petunjuk bahwa Arab paling mulia di antara manusia dan yang paling mulianya adalah Quraisy.”

Selengkapnya...

nunu
Selasa, 11 Februari 2014 09:55
Ditulis oleh Nunu Karlina

Doa Anakmu, Ibu…

(Dibacakan pada pertemuan ke-10 Sekolah Orangtua Parenting Nabawiyah, Kuttab Al Fatih Depok, Sabtu 8 Februari 2014, dengan tema "Ibroh Besar dari Masa Hamil, Melahirkan, Menyusui")

 

Doaku untukmu, Bu..
Meski mungkin ibu tak pernah tahu
Kuyakin ibu dapat merasakan
Karena sesungguhnya kita satu

Doaku untukmu, Ibu..
Walau ibu tak pinta
Tapi inilah wujud baktiku
Meski tak akan pernah mampu setara dengan cintamu

Selengkapnya...

  • Buku IRC
  • Buku Remaja Hijaz

Artikel populer

Kalimat Hikmah

Surga mana yang kamu (wanita) mau?

Surga mana yang kamu (wanita) mau?

إذا صلت المرأة خمسها و صامت شهرها و حصنت فرجها و أطاعت زوجها قيل لها : ادخلي الجنة من أي أبواب الجنة شئت “Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, puasa bulan Ramadhannya, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, akan dikatakan kepadanya: masuklah kepada Surga dari pintu manapun yang kamu mau.” (HR.Ibnu Hibban, Dishahihkan oleh Al Albani dalam shahih al Jami’)

08 Nov 2012  - avatar